Cara yang baik dalam membersihkan Karburator
Karburator adalah bagian yang cukup vital bagi motor. Jika cara perawatan yang kurang baik, maka kemungkinan besar kendaraan kita akan rewel pada saat dikendarai. Meskipun pada saat ini sudah ada teknologi injeksi yang cukup canggih serta irit bahan bakar akan tetapi presentasi dari jumlah motor dengan karburator masih merajai di pasar.
Gambar karburator |
Berikut ini ada beberapa cara yang baik untuk anda gunakan dalam merawat bagian karburator dari kendaraan anda:
Langkah yang pertama yaitu :
Bersihkan bagian filter udara atau penampung debu
Melepaskan filter udara yang terpasang pada bagian mulut karburator kemudian lepaskan busa filter lalu bersihkan dengan cairan atau bahan pembersih lalu biarkan kering sendiri. Usahakan cara membersihkannya dengan tidak menyemprot udara bertekanantinggi karena akan dapat terjadi kerusakan pada pori-pori busa filter.
Langkah yang kedua yaitu :
Bersihkan bagian Karburator
Buka karburator motor anda dengan melepas baut-baut pengikat, kemudian tutup karburator,katup choke dan kran bensin, gunakanlah kunci yang sesuai supaya alat-alat tersebut tidak gampang haus, lepaskan bagian komponen-komponen pada karburator kemudian di tempatkan dalam wadah yang sudah terisih oleh cairan atau bahan pembersih, supaya lebih mudah gunakan gunakan saja bensin.
Untuk selanjutnya melepaskan mangkok pada karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot dan yang lainnya harap hati-hati terhadap bagian parts yang kecil-kecil dan seal mau pun karet pelindungnya. Alangkah baiknya anda bisa menempatkannya didalam wadah yang mudah dan dapat dilihat dengan mata supaya saat akan memasangnya kembali anda tidak bingung mencarinya.
Saat semuanya sudah tuntas di lepaskan maka selanjutnya bersihkan karburator dengan kuas, kemudian semprot lubang-lubangnya dengan menggunakan udara yang bertekanan tinggi, dan gunakan amplas yang halus pada saat membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada spuyer-spuyer. untuk pengamplasan jangan terlalu lama karena dapat menyebabkan perubahan ukuran diameter pada spuyer.Jika sudah bersih, pasang kembali spuyer-spuyernya pakailah obeng khusus untuk spuyer untuk pengencangannya jangan terlalu keras cukup pelan-pelan pakai dua ujung jari pada obeng.
Langkah yang ketiga yaitu
Stel tinggi untuk pelampung
Sebelum memasang kembali komponen-komponen pada karburator sebaiknya jangan sampai anda lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensinnya gunakan jangka sorong atau yang disebut stigmat.
Langkah yang keempat yaitu :
Rakit Karburator kembali
Anda bisa membongkar karburatornya berarti anda sudah mengahafal kembali bagian-bagian yang akan dipasang, ok selanjutnya anda pasang kembali bagian-bagian karburator yang tadi sudah dilepaskan, rakitlah kembali karburator dan filter udara kemudian di pasangkan kembali pada lubang mesin, kemudian stel kondisi langsang motor dalam keadaan mesin dihidupkan. setel spuyer angin-angin dengan cara memutarnya searah pada arah jarum jam sampai mentok kemudian putar kembali beberapa putaran sesuai standar mesin atau kondisi mesin motor anda.
Kemudian anda juga harus kembali menyetel baut penyetel pada langsam yang terletak dibagian pinggir badan pada karburator,setel saat keadaan mesin dengan panas yang ideal, menyetel putaranmesin jangan sampai terlalu rendah atau pun pelan karena akan menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak bisa terpompa yang akibatkan putaran pada mesin yang rendah.
Mungkin tulisan saya ini belum begitu sempurna tetapi semoga bermanfaat bagi kalian...