Beberapa cara untuk membuat motor anda lebih irit
Hanya Contoh gambar ilustrasi pengisian BBM di SPBU |
Untuk teman-teman yang tidak mau kantongnya terkuras gara-gara motor yang di pakai tidak bisa bersahabat, mari sama-sama kita lihat beberapa tips untuk membuat motor kita bersahabat alias tidak boros bahan bakar minyak, kadang kala kita sering mengeluh akan motor kita yang sangat boros bahan bakar minyak untuk lebih jelasnya mari kita lihat sama-sama:
Cara mengendarai motor yang baik dan benar
Semuanya percuma kita ikuti cara-cara untuk ngirit BBM jika kita sendiri tidak bisa mengendarai motor yang baik, untuk itu disini saya mengajak teman-teman agar dalam mengendarai motor agar tidak kebut-kebutan pada saat teman-teman berkendara di jalan, jangan sering-sering main selip kopling, sering main-main gas dan sebagainya. Dan sebaiknya anda menjalankan motor dengan cara yang lebih baik, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan pada saat berakselerasi, memposisikan porsneling yang baik dan putaran mesin yang pas, dijamin motor anda tidak akan boros dalam mengomsumsi BBM dan akan lebih irit dan tidak menguras kantong anda.
Klep distel
Celah klep yang longgar atau rapat dapat menyebabkan tenaga mesin menurun dan tidak tidak stabil. para teman-teman pasti sering dan cenderung menarik gas lebih dalam agar meraih akselerasi yang cepat, efek dari hal-hal tersebut berefek pada BBM yang jauh lebih banyak terpakai, oleh sebab itu kerenggangan komponen ini sebaiknya di stel teapat sesuai spesifikasi motor anda masing-masing.
Mengecek tekanan ban
Hal yang agak sepele ini, tetapi sangat besar manfaatny a untuk penghematan dalam konsumsiBBM. Jika tekanan angin kurang, maka akan dapat menimbulkan pemborosan 10-15%. Jadi teman harus selalu memastikan dan mengecek tekanan ban pada motor teman-teman sebelum mengendarainya agar tetap irit BBM
.
Mengatur jarak pada rem
Jika rem motor anda sampai menempel, maka tentu akan membuat lari motor teman-teman menjadi sangat berat. Maka hal dalam penggunaan bensin tidak sama atau tidak sesuai dengan jark yang di tempuh motor para teman-teman, oleh karena itu pastikan pengaturan jarak main tuas rem motor bagian depan mau pun bagian belakang minimal 1/3 dari jarak main tuas dengan keseluruhan, jangan terlalu rapat dapat dikhwatirkan kampas rem dapat menempel.
Menyetel kopling
Usahakan setelan koplingnya jangan sampai terlalu sensitif, yang dimaksud adalah pada saat tuas kopling terlalu cepat los.Hal seperti ini dapat membuat kopling mudah selip disaat gas di pelintir. Kecepatan atau lari motor pun bisa jadi tertahan tetapi putaran mesin meninggi selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling motor teman-teman dalam performa yang baik, jika sudah menipis atau haus segeralah diganti yang baru agar motor teman-teman tidak boros alias irit BBM.
.Menggunakan BBM Sesuai dengan Karakter Motor
Jika motor teman-teman hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tidak perlu teman-teman mengganti dengan menggunakan pertamax atau pertamax plus jika hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang dari pabrik sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM.
Mengecek tekanan ban
Hal yang agak sepele ini, tetapi sangat besar manfaatny a untuk penghematan dalam konsumsiBBM. Jika tekanan angin kurang, maka akan dapat menimbulkan pemborosan 10-15%. Jadi teman harus selalu memastikan dan mengecek tekanan ban pada motor teman-teman sebelum mengendarainya agar tetap irit BBM
.
Mengatur jarak pada rem
Jika rem motor anda sampai menempel, maka tentu akan membuat lari motor teman-teman menjadi sangat berat. Maka hal dalam penggunaan bensin tidak sama atau tidak sesuai dengan jark yang di tempuh motor para teman-teman, oleh karena itu pastikan pengaturan jarak main tuas rem motor bagian depan mau pun bagian belakang minimal 1/3 dari jarak main tuas dengan keseluruhan, jangan terlalu rapat dapat dikhwatirkan kampas rem dapat menempel.
Menyetel kopling
Usahakan setelan koplingnya jangan sampai terlalu sensitif, yang dimaksud adalah pada saat tuas kopling terlalu cepat los.Hal seperti ini dapat membuat kopling mudah selip disaat gas di pelintir. Kecepatan atau lari motor pun bisa jadi tertahan tetapi putaran mesin meninggi selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling motor teman-teman dalam performa yang baik, jika sudah menipis atau haus segeralah diganti yang baru agar motor teman-teman tidak boros alias irit BBM.
.Menggunakan BBM Sesuai dengan Karakter Motor
Jika motor teman-teman hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tidak perlu teman-teman mengganti dengan menggunakan pertamax atau pertamax plus jika hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang dari pabrik sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM.