Saturday, June 13, 2015

Bagian terpenting dari sepeda motor

Bagian yang terpenting dari sepeda motor 


Macam-macam bagian yang terpenting dari sepeda motor adalah sebagai berikut

Bagian yang pertama yaitu silinder
Silinder sendiri adalah sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dengan udara agar mendapatkan tekanan serta temperatur yang tinggi,yang akan mengakibatkan taekanan tinggi serta gesekan-gesekan torak dinding silinder oleh karena itu pembuatan silinder harus di kejakan secara halus,teliti dan baik. Yang pada umumnya silinder harus terbuat dari bahan baja tuang untuk mesin besar lain halnya dengan mesin kecil yang dibuat dari bahan logam aluminium paduan yang dibagian dalamnya dipasangkan tabung yang terbuat dari bahan baja yaitu tempat  bergeraknya torak
.Bagian yang kedua yaitu kepala silinderUntuk terhindar dari terjadinya kebocoran gas yang terutama pada langkah kompresi maka pemasangan paking serta mengencangkan baut untuk merapatakan kepala silinder terhadap silinder haruslah seteliti mungkin.

Bagian yang ketiga yaitu bak mesinBak mesin adalah tempat silinder, poros engkol dan misi transmisi umumnya bak mesin terbuat dari paduan bahan logam aluminium pada jenis-jenis motor 2 langkah pada bak mesinnya akan terdapat saluran yang terhubung dengan karburator sebagai pemasukan bahan bakar, pada motor 4 langkah, bak mesinnya juga merupakan tempat minyak pelumas sekaligus pendingin minyak pelumas didalam sirkulasinya.

Bagian yang keempat yaituTorak atau piston juga mempunyai sifat,ringan, pengantar panas yang baik, pemuaian kecil, tahan terhadap kehausan akibat gesekan dan kekuatan yang tinggi terutama pada temperatur yang tinggi. Bentuk kepala torak umumnya rata, akan tetapi ada pula yang berbentuk cekung,cembung kerucut terpancung, atau bentuk deflektor.

Bagian yang kelima yaitu cincin torakFungsi cincin torak adalah untuk mempertahankan kerapatan antara torak dengan dinding silinder agar tidak ada kebocoran gas dari ruang bakar ke dalam bak mesin.oleh karena itu cincin torak harus mempunyai kepegasan yang kuat dalam penekanan ke dinding silinder. cincin torak juga berfungsi membantu pengontrolan lapisan minyak pelumas ke dinding selinder cincin torak dibuat dari bahan besi tuang dan juga bisa dari bahan baja paduan dengan tambahan bahan-bahan lain sebagai lapisan pada bagian permukaan fungsi dari cincin torak yakni cincin kompresi dan cincin pelumas.

Bagian yang keenam yaitu pena torakPena torak berfungsi untuk mengikat torak terhadap batang penggerak dan juga berfungsi sebagai pemindah tenaga dari torak ke batang penggerak agar gerak bolak balik dari torak dapat diubah menjadi gerak berputar pada poros engkol.

Bagian yang ketujuh yaitu atang penggerakbatang penggerak merupakan suatu batang yang menghubungkan torak dengan poros engkol,terdiri dari bagian-bagian yang dinamakan kepala kecil,tangkai,dan kepala besar.batang penggerak dibuat dari bahan baja atau besi tuang.

Bagian yang kedelapan yaitu poros engkolPoros engkol dibuat dari bahan baja,jenis poros engkol yang dipergunakan pada mesin sepeda motor adalah:Jenis “built up” digunakan pada motor jenis kecil yang mempunyai jumlah silinder satu atau duajenis “one piece” digunakan pada motor jenis besar yang mempunyai jumlah silinder banyak.

Bagian yang kesembilan yaitu roda gaya atau roda penerusPada mesin sepeda motor roda gila berfungsi sebagai rotor generator

Bagian yang kesepuluh yaitu katupbagian-bagian dari unit katup terdiri dari katup masuk dan katup buang,pengantar katup ,pegas katup bagian luar,pegas katup bagian dalam,penahan ,penutup celah,dan ring dudukan